Kereta Api Bandara Soekarno Hatta Picu Wisatawan Banjiri Jakarta

Kereta Api Bandara Soekarno Hatta


Kabar gembira nih sobat. Awal 2018, Kereta Api Bandara Soekarno Hatta siap beroperasi. Sebenarnya cukup telat juga ya, Jakarta yang notabene ibu kota negara belum memiliki fasilitas ini. Malah, Medan sudah keduluan 4 tahun lalu, tepatnya 25 Juli 2013 bersamaan dengan beroperasinya Bandara Internasional Kualanamu. Kata orang bijak, daripada tidak sama sekali, terlambat dikit masih bisa dipahami. Apalagi di Jakarta yang sudah sangat padat jalur lalulintasnya, tentu butuh persiapan yang matang untuk pembangunan proyek yag dikerjakakan oleh Railink ini-- perusahaan patungan antara Kereta Api Indonesia dengan Angkasa Pura II (Persero).

 Alhasil, kehadiran Kereta Api Bandara Kualanamu sangat bermanfaat bagi mobilitas masyarakat yang rata-rata bertujuan bisnis ke Medan. Lumayan menghemat waktu perjalanan, dari Bandara Internasional Kualanamu ke Medan cukup ditempuh dalam waktu sekitar 30-45 menit. Tiket seharga 100 ribu sekali jalan, Anda disuguhi kenyamanan ala KA eksekutif : AC yang dingin, wifi, layar audio visual. Dalam sehari, penumpang terlayani sebanyak 20 per trip PP.  KA Bandara Kualanamu kini menjadi andalan loh. Sejak awal operasi 2013, lonjakan penumpang mencapai hampir 4 x lipat. Dari 273.562 orang tahun 2013, akhir 2016 tercatat 731.024. Angka statistik ini jumlahnya akan terus menanjak.

Bercermin dari pengalaman sukses di Medan, PT Railink optimis KA Bandara Soekarno Hatta bakal menjadi solusi permasalahan transportasi di ibu kota. Bayangkan saja, jika kita ingin ke Bandara, harus menyediakan space waktu 3 jam sebelum keberangkatan. Bahkan bisa sampai 5 jam perjalanan. Kebayang kan, waktu yang seharusnya bisa dioptimalkan untuk melakukan hal-hal produktif.

Dengan menaiki KA Bandara Soekarno Hatta, penumpang cukup menempuh perjalanan kurang lebih 50 menit dari stasiun keberangkatan sementara di Stasiun Sudirman, kemudian berhenti di Stasiun Batuceper untuk menaikkan penumpang lagi dan langsung menuju Stasiuan Bandara Soekarno Hatta.
Sesampai di Bandara Soekarno Hatta, penumpang langsung disambut ddengan Sky Train menuju terminal-terminal di bandara.

Interior Kereta Api Bandara Soekarno Hatta, sumber : FB Rizka Amalia

Sejumlah feeder Trans Jakarta juga tengah disiapkan untuk membantu memperlancar penumpang mencapai akses stasiun. Untuk sementara, rute yang bisa diakses penumpang yaitu dari Stasiun Sudirman Baru- Gambir (Koridor 1) dengan rute Hotel Indonesia - Sarinah - Bank Indonesia- Patung Kuda - Stasiun Gambir- Istana- Monas- terus kembali lagi ke Bank Indonesia-Sarinan-Hotel Indonesia- keluar jalur Blora - Stasiun Sudirman Baru. 

Rute kedua, mulai dari Stasiun Sudirman - Putaran Hotel Indonesia- Tosari-Dukuh Atas - Karet - Semnggi masuk rute kor 9 sampai Kuningan - Menteng - Hotel Indonesia - Blora dan Stasiun Sudirman.

Untuk tarif Trans Jakarta dikenakan reguler sebesar Rp 3500. Sedangkan untuk tarif KA Bandara Soekarno Hatta, penumpang cukup membayar Rp 70 ribu sekali perjalanan, lebih murah dari KA Bandara Kualanamu. Tarif ini lebih murah dari KA Bandara Medan sebesar 100 ribu.

Berkapasitas 272 orang, KA Bandara ini siap berangkat mulai jadi 3.40 dari Stasiun Sudirman Baru (BNI City), dan pukul 06;10 Wib dari Stasiun Bandara Soekarno Hatta. Sedangkan jadwal terakhir, dari Stasiun Sudirman Baru pukul 21;40 Wib, dan pukul 23:10 dari Bandara Soekarno Hatta. Total dalam satu hari, diperjalankan sebanyak 21 kali. Penumpang bisa mengecek jadwal keberangkatan melalui www.railink.co.id atau mengikuti akun twitter @kabandara. . 
Agar tidak tergesa-gesa, Anda dianjurkan untuk melakukan reservasi tiket secara online di https://reservation.railink.co.id/ticket/schedule. Tinggal pilih tanggal dan waktu keberangkatan. Tidak ada nomer seat. Untuk pembayarannya sama halnya dengan sistem transaksi online, bisa dengan kartu kredit, transfer virtual account ke beberapa bank diantaranya BCA, Danamon, Bank DKI, Maybank, Bank Permata dan Bank QNB. Selain itu, PT Railink juga menyediakan layanan pembayaran payment gateway seperti TCash, Doku, Midtrans, Artajasa, Finnet dan Kartuku.
 Layanan tiket on the spot tetap juga dilayani hanya saja jumlahnya terbatas. Daripada gambling lebih baik memang pesen secara online. Khusus untuk anak-anak dibawah usia 3 tahun atau tinggi badan dibawah 90 cm, digratiskan. 
Hadirnya KA Bandara Soekarno Hatta bukan hanya jadi salah satu solusi kemacetan, sekaligus juga menghidupkan kunjungan wisatawan ke Jakarta. Sebagaimana kita ketahui, Jakarta menjadi salah satu destinasi belanja yang diperhitungkan. Tiap tahun jumlahnya terus meningkat. Tahun 2015, jumlah wisatawan mancanegara ke Jakarta mencapai 2,3 juta dan wisatawan lokal 30,5 juta. Tahun 2016, naik menjadi 2,5 juta wisatawan mancanegara, sedangkan wisatawan lokal sebanyak 32,6 juta. Siap-siap nih Jakarta banjir wisatawan. 


Catatan :

KA Bandara Soekarno Hatta merupakan salah satu alternatif transportasi. Tentu bagi masyarakat yang tinggal di wilayah Depok, Bekasi atau pinggiran Jakarta jika ingin menggunakan moda transportasi ini sekali lagi harus memperhitungkan faktor waktu juga. Risiko keterlambatan karena gangguan listrik, kecelakaan, atau yang lainnya pasti selalu ada. Dan, harus kita antisipasi benar. Belum lagi mereka yang ingin menyambung commuter line, harus dipikirkan juga bagi yang membawa koper besar-besar. 










kartina ika sari

Alumni Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjajaran, angkatan 1997. Menulis adalah sebuah pekerjaan dan hobi. Saat ini menjadi writerpreneur  sambil menjaga dua buah hati yang cantik dan ganteng. Kontak : kartinaika@gmail.com

1 comment:

Terima kasih atas komentar dan masukannya