RoomToday, Solusi Menguntungkan Jual Kamar Hotel

Bisnis hotel makin cerah. Meski beberapa waktu lalu sempat terkoreksi  lantaran adanya larangan meeting di hotel untuk kalangan PNS. Maksud diterbitkanya Peraturan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Men-PAN RB) ini semata  untuk efisiensi dan efektivitas kerja aparatur. Tetapi di sisi lain, dampaknya kurang menguntungkan bagi bisnis hotel yang notabene banyak mendapatkan share dari rapat pemerintahan. Dampaknya juga berantai, (trickle down effect) ke sektor lain, seperti  makanan, sovenir, dan sebagainya.




Untunglah hal ini tidak berlangsung lama. Menpan segera mengevaluasi dengan menerbitkan Permen PAN RB No.6/2015 yang menerangkan,  PNS tetap diperkenankan menggelar rapat atau pertemuan di hotel dengan syarat tertentu, seperti lokasi hotelnya benar-benar selektif dan pertemuannya harus digelar di hotel yang telah menjadi anggota PHRI. Ini untuk memudahkan sistem pengawasan. Kalangan hotel kembali menyambut gembira. 

Selesai satu, kemudian diterjang lagi dengan kondisi perekonomian Indonesia yang terikut dampak dari menurunnya pertumbuhan ekonomi dunia. Menurut sejumlah pelaku bisnis hotel, omsetnya turun cukup signifikan karena sepi tamu. Kalangan Bank juga banyak mengeluh, nasabah hotelnya telat melunasi kredit yang jatuh tempo alias Non Performing Loan (NPL) mengalami peningkatan. Hal ini disampaikan oleh Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Bidang Perbankan dan Finansial Rosan R Roeslani, dalam wawancaranya dengan SindoNews beberapa waktu lalu. Menurutnya, agar bertahan hidup, banyak hotel yang banting-banting harga sampai lebih dari 30 persen. Hmm..

Bisnis perhotelan di Indonesia tak dipungkiri memang mudah terkoreksi. Apalagi dengan kenaikan bahan baku seperti LPG, listrik dan sebagainya. Disinilah perlunya hotel berstrategi agar terus eksis dan menyejahterakan karyawannya. Menghindari PHK karena sepi tamu.




Salah satu solusi bagi hotel agar kamarnya penuh terisi atau setidaknya 70 - 80 persen per hari bisa penuh, adalah dengan bergabung menjadi member RoomToday.

Apa itu RoomToday ? 


RoomToday merupakan mobile apps booking room hotel saat last minute. Ini ditujukan untuk tamu yang mendadak butuh hotel atau menginap yang tak terencana karena suatu urusan. Misal, bagi traveller yang memutuskan menginap di suatu tempat karena melihat cuaca dan perjalanan yang tidak memungkinkan. Atau bagi pebisnis yang tiba-tiba harus menginap karena adanya penundaan meeting, delay penerbangan atau hal-hal lain mendadak di luar kota. Atau kita harus ke rumah sakit karena kerabat yang kecelakaan sehingga butuh hotel untuk intensif menjaga kerabat yang sedang dirawat dan sebagainya. Banyak sekali kebutuhan mendadak dan urgent orang butuh room hotel.

RoomToday hadir untuk memberikan solusi bagi Anda yang membutuhkan room hotel segera, praktis, cepat, dan mudah. Harganya pun kompetitif, bisa dibandingkan dengan situs booking lain (Online Travel Agent). Yang pasti bikin senang tamu karena harganya nett, tidak ada plus-plusnya,  lebih murah, dan siap mendapatkan kamar upgrade.

Semua pemesanan hanya bisa dilakukan by mobile apps. Jadi, tamu harus mengunduh dulu apps RoomToday di smartphone dan melihat penawaran harga yang berlaku hanya pada  hari itu. Hari berikutnya bisa berbeda. Mekanisme pembayarannya bisa kartu kredit, internet mobile banking, ATM/Transfer, SMS banking. Tapi saat ini baru bisa menggunakan kartu kredit. 

Hotel-hotel yang menjadi member RoomToday rata-rata bintang 2 sampai 4 di lokasi strategis dan menjadi point of interest, seperti dekat Rumah Sakit, airport, terminal, stasiun, perkantoran, wisata atang pusat-pusat keramaian lainnya.





Lantas keungungan untuk hotel ?


Ya jelas, RoomToday memberikan solusi menjual room hotel yang kosong. Bisa karena memang tidak terokupasi, atau pembatalan dari tamu saat last minute. Saat non peak season, biasanya banyak room hotel yang kosong. Atau sedang sepi rapat-rapat dari pemerintah atau korporat. Pada musim tertentu  memang room hotel penuh oleh rapat tengah tahun atau tahunan selama beberapa hari. RoomToday memberikan kemudahan bagi hotel untuk menjual kamar yang kosong dengan menentukan sendiri jenis kamar yang akan ditawarkan, termasuk juga harganya. Best deal. 

Ke depannya hotel yang sudah sudah menjadi member RoomToday bisa memposting sendiri room-room yang akan dijual saat last minute di sore hari. Harganya pasti di awal, dan tidak ada hidden fee. Konversi harga disesuaikan dengan mata uang yang sama. Misa rupiah to rupiah atau dollar to dollar jika booking untuk room hotel di luar negeri. 

Imbal baliknya ke RoomToday adalah dengan sistem potongan 10 persen pada setiap transaksi. Tetapi tidak langsung menjadi member dan bertransaksi langsung dipotong 10 persen. Room Today baru memberikan potongan 10 persen setelah pihak hotel sudah mengumpulkan transaksi hingga 200 kamar atau dalam tempo 3 bulan setelah join (mana yang lebih dahulu). Selama belum mencapai target pada masa itu, sama sekali tidak ada potongan, free saja. 

Teknologi mobile apps booking room hotel ini diadaptapasikan dari Amerika yang bekerja sama dengan brand lokal Indonesia. Saat ini memang baru sejumlah hotel di Jakarta. Dalam waktu dekat siap merambah kota-kota lain di Indonesia. Bahkan di negara tetangga dan Asia.


roomtoday solusi room hotel saat last minute
Tim RoomToday saat soft launching di hotel Ambhara (1/10).

Yuk daftarkan hotel Anda menjadi member RoomToday.Caranya mudah, gratis lagi. Tinggal kunjungi  www.roomtoday.asia dan isi form yang sudah disediakan. Pastikan alamat dan nomor telepon benar dan lengkap, staf RoomToday akan segera menghubungi dan mengkonfirmasi untuk memproses keanggotaan dan siap mempromosikan penawaran kamar hotel.


----


Ikuti kabar terkini RoomToday melalui apps, fanpage RoomToday, twitter dan instagram @RoomTodayHotels. 

Untuk Anda yang memesan room hotel via apps RoomToday bersiap mendapatkan promo voucher 100 ribu. Caranya, pilih hotel yang akan dipesan, trus pilih metode pembayaran dan pilih promotion code. Di bagian promotion code ini ketik 'Launch"..Langsung deh terpotong 100 ribu dari harga yang tertera dan sudah bikin senyum itu..





kartina ika sari

Alumni Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjajaran, angkatan 1997. Menulis adalah sebuah pekerjaan dan hobi. Saat ini menjadi writerpreneur  sambil menjaga dua buah hati yang cantik dan ganteng. Kontak : kartinaika@gmail.com

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentar dan masukannya