Cheria Travel, Solusi Wisata Muslim ? Bikin “Kecewa”

tourtravelwisatamuslim
Wisata muslim memang sedang menjadi tren, bukan hanya di Indonesia, sekaligus juga dunia. Untuk destinasinya pun tak lagi didominasi pada negara-negara mayoritas muslim. Sejumlah negara non muslim seperti Thailand, Vietnam, Singapura, Korea Selatan, Cina, Jepang, bahkan beberapa negara Eropa kini mulai berbenah menyambut wisatawan muslim

Sebagai muslim tentu fenomena ini merupakan sebuah trend travelling yang membanggakan. Karena, yang namanya wisata muslim, sudah pasti erat kaitannya dengan label kehalalalan yang membuat nyaman ketika beriwisata. Prinsipnya, salat lima waktu wajib dilaksanakan, dan bisa menikmati makanan halal bebas alkohol di negara-negara non muslim. 

Syukur-syukur usai travelling, turis bisa mengambil hikmah dan pelajaran atas makna penciptaannya di muka bumi. Bukan sekedar menikmati obyek wisata atau belanja saja. Dan, bagi yang non muslim yang ingin turut serta wisata halal juga bisa merasakan manfaatnya, seperti perjalanan menjadi lebih sehat karena makan dan minum di restoran halal, misalnya.

Memilih Biro Perjalanan yang Menawarkan Wisata Halal


TravelUmrohdanHajiPlus

Karena wisata muslim tengah digandrungi, pastinya sekarang banyak biro perjalanan atau perusahaan tour and travel yang berlomba-lomba menawarkan paket tour wisata muslim. Nah, tantangannya nih bagi konsumen, untuk memilih perusahaan tour and travel yang tepat plus membuat perjalanan kita menyenangkan dan nyaman. 

Untuk memburu perusahaan tour travel wisata muslim, Anda bisa datang ke pameran-pameran travel yang kini banyak digelar, rekomendasi atau referensi teman, saudara, kolega, atau yang mudah, tanya Mbah Google deh. Namun, saking banyaknya pilihan, berburu biro perjalanan memang jadi tidak mudah juga. Hehhe malah seringnya jadi kebingungan sendiri. Apalagi dengan berbagai macam penawaran menarik dan jaminan mutu pelayanan yang ‘sempurna’.

tourtravelwisatamuslim

Embel-embel wisata halal jadi menarik dijual pebisnis travel. Sekedar patokannya saja nih, pokoknya pilih perusahaan tour travel wisata muslim yang berbadan resmi, alamat kantor jelas, dan track record pengalamannya bagus ketika membawa klien. 

Di era internet sekarang, pastinya transparansi menjadi lebih mudah dilihat. Nah, Anda bisa menyelidiki perusahaan travel salah satunya  dari sumber situs atau websitenya deh, ada atau tidak.  Sekalipun ada, apakah ter-update kontinyu. Kemudian, lebih bagus jika perusahaan tersebut melengkapinya dengan media sosial. Karena, adanya media sosial, selain untuk kepentingan promosi,  perusahaan tersebut mengindikasikan memiliki keinginan untuk membangun hubungan yang sinergis dengan klien, lebih memberikan pelayanan  maksimal, dan handling complaint yang cepat jika ada suatu masalah. 


tourtravelwisatamuslim

Soal website saja, sekalipun perusahaan travel punya, tetapi tidak sedikit yang ter-update, hanya jualan tiket secara online, atau tidak memberikan edukasi tentang travelling terlebih untuk wisata muslim yang memadai. Edukasi ini bisa dalam bentuk penjelasan destinasinya, wisata halalnya itu kayak gimana dan seperti apa, handling komentar dan layanan ketika pengunjung website bertanya dan sebagainya. Kepiawaian biro perjalanan tersebut dalam menjabarkan atau memformulasikan pesan tentang wisata muslim yang notabene perjalanan wisata halal,  menurut saya menjadi penilaian utama. Ya iya dong, kan yang dijual wisata untuk muslim, kalau perusahaan travelnya tidak tahu menahu atau berpengetahuan sedikit tentang keislaman, wah bisa berabe, sekedar kamuflase saja kalau begitu. 

pakettourwisatamuslimMemang sekarang sejumlah negara non muslim sudah bergairah membangun fasilitas untuk wisatawan muslim seperti mesjid, restoran halal, dan sebagainya. Tetapi, yang namanya perjalanan wisata muslim, seorang guide atau pemandu wisata dari travel tersebut, setidaknya harus sudah khatam deh tentang sifat kesyariahannya itu sendiri. Misalnya, soal fiqih salat dalam perjalanan, manfaat berjamaah, atau hal-hal sunah di perjalanan selain ibadah wajib yang sangat berguna bagi klien. 


Kalau judulnya umroh atau haji, si pemandu wisata sudah sangat paham, karena biasanya level ustad yang digunakan untuk membimbing klien. Tetapi kalau paketnya wisata muslim ke Eropa, Korea Selatan atau lainnya yang notabene ingin berwisata ke negara-negara non muslim dengan obyek yang dikunjungi sedang populer, hmm menurut saya, si pemandunya juga harus memiliki pengetahuan keislaman yang mumpuni. Hayoo..syaratnya jadi mengarah ke unsur islaminya ya..Menurut saya, ini mutlak diperhitungkan oleh konsumen yang ingin perjalanan wisatanya bisa berkah, bukan sekedar “jualan halal”. 

Cheria Travel, Bikin “Kecewa” 


pakettourwisatamuslim

Cheria Travel ? jujur saya baru mengetahui travel ini setelah browshing di internet. Berbagai pencarian tentang wisata muslim, wisata halal pada  google dan yahoo hampir dipastikan  didominasi oleh perusahaan biro perjalanan wisata yang relatif baru ini. Ya, resminya Cheria Wisata Tour Travel baru berdiri tahun 2012 sebagai Biro Perjalanan dan Penyelenggaraan Haji ONH Plus dan Umroh serta Tour Wisata Muslim dalam payung hukum PT CHERIA (SIUP : 2365/2012 dan Depag RI Ijin Umroh Depag RI No. D/ 816-2012, Ijin Ibadah Haji Khusus Depag RI No. D/355. 

Memang usianya masih seumur jagung tetapi debutnya, bikin saya ‘kecewa’. Alasannya :  

1. Dari awalnya 10 karyawan, dalam tempo relatif singkat Cheria Wisata Tour Travel sudah memiliki sekitar 30 karyawan dan 4 kantor cabang yang tersebar di Pekanbaru, Bogor, Bandung dan Manado. Kantor pusatnya sendiri terletak di Jakarta, tepatnya di Gedung Twink Lt.3, Jalan Kapten P. Tendean No. 82 Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. Selain itu PT Cheria juga memiliki beberapa anak usaha, salah satunya Jazirah Wisata. 


cheriatravel2. Uniknya sebagian besar klien perusahaan yang didirikan oleh Cheriatna dan Farida Ningsih ini bersumber dari klien online yang dikail dari tulisannya tentang travel dan wisata muslim, wisata halal di blog. Memang, suami istri ini sudah berkecimpung lama di dunia marketing online dan offline, jadi tinggal dipertajam lewat edukasi di dunia maya. Jadi, sangat beralasan, Cheriatna yang juga founder Komunitas Bisnis Dari Rumah (BDR) ini sukses di dunia marketing online. Apalagi duet maut pasangan ini  menoreh cerita manis saat memasarkan paket umroh bersama Almarhum Ustadz Jefri Al Buchory. So, makin matang nih. 

3. Edukasi sekaligus promosi lewat dunia sosial media juga moncer. Bagaimana tidak, doi memiliki perusahaan khusus di bidang jasa pemasaran online lengkap dan terintegrasi, PT Cheria Media, namanya. Siap membantu non stop usaha Anda. 

4. Usut punya usut lagi, founder Cheria Tour Travel ini rupanya adalah pioner dari terbentuknya Komunitas Wisata Halal di Indonesia. Pastinya, soal kesyariahan wisata halalnya tidak perlu diragukan. Wong doi penggagasnya. Ibu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif saja, Mari Elka Pangestu, baru intens mendiskusikan wisata halal kepada Majelis Ulama Indonesia (MUI) loh pada September 2013. Malah, kabarnya Indonesia akan dijadikan gerbangnya wisata halal di dunia. Semoga deh bisa tercapai segera ! 

travelumrohdanhajiplus


5. Soal wisata halal yang ditawarkan, Cheria Travel tidak hanya menjamin kliennya salat lima waktu di mesjid yang nyaman, tetapi juga mengajak mereka salat berjamaah. Wah, pahalanya sudah pasti berlipat jika berjamaah selain bisa jadi lebih kompak dan erat. Bagi yang membawa serta keluarga, pastinya akan menjadi perjalanan wisata yang berkualitas. Ayah, ibu, dan anak-anak bisa salat berjamaah, yang boleh jadi momen langka karena  kesibukan orang tua atau anggota keluarga lainnya.

Untuk makanannya juga, dipilih restoran halal yang menyajikan menu lezat dan sehat. Bahkan, klien bisa request, menu yang sesuai atau yang harus dihindari berkaitan dengan faktor kesehatan klien. Pokoknya, tinggal ceritakan saja kebutuhan Anda sebelum berangkat.


6. Paket wisata yang ditawarkan Cheria Travel beragam. Sebagai spesialis wisata muslim, tentunya Cheria Travel menawarkan paket utama yaitu Travel Umroh dan Haji Plus, selain paket tour wisata muslim lainnya. Untuk Paket Haji Plus, Cheria Tour Travel menawarkan Paket Haji Plus Kuota Depag RI yang memiliki fasilitas lebih baik dibandingkan paket haji reguler, dan waktunya juga lebih sebentar dibanding paket haji reguler. 

pakettourwisatamuslim
Begitu pula dengan paket umroh, Anda bisa pilih yang reguler selama 9 hari dengan hanya mengunjungi 3 kota yaitu Mekkah, Madinah dan Jeddah atau paket umroh plus, selama 12 hari. Jadi, 9 hari untuk ibadah umroh dan 3 hari selanjutnya untuk wisata muslim. Destinasinya bisa Anda pilih : Eropa, Istambul Turki, Cairo-Mesir, Dubai, Aqso atau plus Maroko-Spanyol. Waktu umroh baik reguler maupun umroh plus ada setiap bulannya sepanjang tahun.


7.Untuk bentuk pelayanan, Cheria Tour Travel, lagi-lagi memang bikin “kecewa”. Dia bisa melayani meski cuma 2 orang saja yang berangkat. Paket ini dinamakan FIT (Free Independent Travelers). Selain itu, Anda yang ingin dilayani secara private bisa memilih Paket Private yang tidak digabung dengan peserta lainnya selama tour berlangsung. Bagi Anda yang ingin berangkat bareng teman-teman atau komunitas bisa mengambil Paket Group. Waktunya, terserah klien bisanya kapan.

8.Promonya juga lumayan ‘nyesek’ nih, Cheria Travel memberikan voucher senilai hingga $100 untuk paket haji, $50 untuk umroh dan $20 untuk paket tour wisata muslim, bagi yang mendaftar secara online


9.Dan, satu lagi yang bikin spaneng, Cheria Travel menawarkan kerja sama  bisnis bagi yang mau berbisnis travel. Sistem dan promosinya sudah ada lengkap, terpadu dan terintegrasi. Untuk kalangan blogger, juga bisa tuh ikutan peluang bisnis bersama Cheria Tour Travel. Atau bagi yang ingin dapat gratisan bisa ikut lomba menulis. Siap-siap pantengin deh info dari Cheria Travel, siapa tahu rejeki bisa ikut jalan-jalan gratis dan barokah.

 Hmm..9 fakta tentang Cheria Travel memang bikin ‘Kecewa’. Reputasi bisnis yang dibangun secara online, bikin saya KE-semsem ; penawarannya bikin hati CE-tar Membana—kata Syahrini alias takjub, dan kesimpulannya ..I can hardly WA-it ! Ga sabaran mau jalan-jalan bareng Cheria Travel.

 

kartina ika sari

Alumni Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjajaran, angkatan 1997. Menulis adalah sebuah pekerjaan dan hobi. Saat ini menjadi writerpreneur  sambil menjaga dua buah hati yang cantik dan ganteng. Kontak : kartinaika@gmail.com

20 comments:

  1. tulisan mbak kartina emang top.. i like it.. semoga menang ya mbak..

    ReplyDelete
  2. wah bisa aja mba susah...aku jg suka baca tulisan kamu yg mengalir dan mudah dimengerti...terima kasih doanya mba susan

    ReplyDelete
  3. nabung..nabung..nabung digiatin dulua ah biar bisa ke Korea bersama Cheria Travel. Trims infonya sangat bermanfaat..

    ReplyDelete
  4. hehe nabung mah pasti wes, kalo mau gratisan coba aja ikut komba nulis yg diadain cheria travel. Siapa tau rejeki westi. Banyak manfaatnya deh jd lebih tahu ttg wisata halal. In Shaa Allah Cheria Travel lebih nyaman krn pengelolanya paham banget ttg wisata halal.

    ReplyDelete
  5. Saya mewakili grup Emotional Healing Indonesia (EHI) yang sekarang sedang berangkat umroh dengan Cheria menyatakan kecewa dengan kualitas pembimbingnya yakni ust Rauf. Soal hotel tak diragukan lagi tapi ustad pembimbing spt lepas tg jawab dan asyik sendiri.:
    1. Umroh ini plus turki n ternyata ustadnya baru pertama kali ke turki. Beliau spt keasyikan sendiri menikmati turki dan nasib jamaah spt diserahkan ke tour guide. Beliau spt ga punya keputusan apa2 thdp nasib jamaah. Pdhal situasi turki yg dingin n wisata yg diforsir membuat banyak jamaah tumbang. Mana fasilitas air minum minim hanya sebotol air mineral kecil sehari
    2. Beliau harus diingatkan untuk manasik lagi di madinah sblm ke mekah
    3. Saat ziarah waktunya cepat sekali bahkan ustad ga banyak berkisah dng alasan jamaah udh pada tau. Padahal banyak jg yg baru umroh pertama
    4. Ustad sering ngilang. Alasannya berlama2 di masjid. Bahkan saat waktu makan pun sering tak ada di lokasi. Jamaah spt anak ayam kehilanga induk.
    5. Koper2 jamaah yg menangani sendiri. Pdhal ini umroh mahal tp kok pelayana begini.
    6. Ustad udh diwarning/complain jamaah tapi spt kurang mengacuhkan.

    msh ada bbrp hal lain sebetulnya. Dan complain ini juga dr jamaah non EHI yg ngeluh pula ke teh Irma Rahayu (fasilitator utama EHI). Bahkan ada jamaah non EHI yg bilang ini umroh paling ga enak.

    semoga cheria menanggapi complain ini n memperbaiki kualitasnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Assalamu'alaikum mb.Laura,
      salam kenal ya, btw. EHI msh ada program Umroh.
      blh minta contactnya mb??

      salam,

      Delete
  6. Lanjutan komen dr Emotional healing Indonesia. Sila pantengin timeline @irmasoulhealer yg ngetwit soal pelayanan Cheria ini. Ohya lupa ada koper jamaah yg hilang di turki n belom balik

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. oo begitu ya mba..semoga menjadi bahan evaluasi bagi Cheria untuk memberikan layanan terbaiknya.

    ReplyDelete
  9. baru tau mbak ternyata ada juga wisata muslim di eropa. artikelnya sangat menarik bagi yang membacanya.

    ReplyDelete
  10. ya pak, bisa dicek lengkapnya di website cheria travel ya...terima kasih atas kunjungannya pak

    ReplyDelete
  11. Awalnya bingung Kecewa tapi yang diceritain yang baik-baik, he he he

    ReplyDelete
  12. Wanita tanpa mahrom juga bisa berwisata "halal" ini?

    ReplyDelete
  13. Wanita tanpa mahrom juga bisa ikut wisata " halal" ini kah?

    ReplyDelete
  14. penasaraaann mbaaa... seruu kayaknyaa yaaa... ^_^

    ReplyDelete
  15. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentar dan masukannya